Juara I Pemuda Pelopor di Bidang Pendidikan Tingkat Propinsi Jawa Timur, Nasional, ASEAN, dan Juara kedua di kompetisi yang sama di TURKI

?Memakai Jilbab dan tampak sederhana merupakan ciri khas dari Sri Wulandari. Tetapi dibalik itu semuanya dia merupakan sosok pemuda yang begitu peduli dan mempunyai rasa sosial yang tinggi terhadap masyarakat di sekitarnya. Hal yang sudah sangat jarang dipunyai pemudi sebayanya?

Hal ini dibuktikan oleh Wulan dengan mendirikan FPDP2 (Forum Putra Daerah Peduli Pendidikan) dengan dibantu 6 orang temannya. Latar belakang didirikannya FPDP2 ini karena Wulan merasa kebanyakan pemuda kurang bisa memanfaatkan potensi mereka, walaupun diselitar lingkungan Kelurahan Dandangan terdapat Pabrik Rokok Gudang Garam, ternyata banyak pemuda yang putus sekolah dan tidak ada kerjaan. Oleh karena itu Wulan mendirikan Organisasi FPDP2 sebagai wadah pemuda untuk mengabdikan potensinya dengan keberpihakan pada masyarakat kalangan bawah dengan membangun kelompok-kelompok studi sebanyak-banyaknya dengan basis sekolah dan masyarakat.

FPDP2 memlih Bahasa Inggris sebagai fokus gerakannya pada bidang pendidikan, karena Bahasa Inggris merupakan kebutuhan di era globalisasi. Namun tidak banyak orang yang menguasainya. Terlebih keberadaan kursus-kursus ataupun lembaga-lembaga pendidikan Bahasa Inggris yang kurang memihak pada masyarakat kalangan bawah yang notabenenya berhak mendapatkan kesempatan yang sama dalam memperoleh pendidikan.

Kendala awal seperti biasanya organisasi adalah masalah modal. Cara mengatasinya adalah dengan mengajak semua pihak untuk ikut peduli dan sadar akan pentingnya pendidikan dengan cara menjadi donator mengingat sadar dan peduli pendidikan adalah tanggung jawab bersama. Serta menjalin kerjasama dengan semua pihak dan instansi terkait dalam hal ini Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Pendidikan. Pemkot Kediri memberikan tempat dibelakang gedung GNI sebagai secretariat FPDP2.

Organisasi ini juga mengadakan English Course secara gratis. Di tingkat SD ada 40 siswa dan SMP ada 10 orang. Mungkin kalaupun membayar dipastikan lebih murah dari English Course yang lainnya, karena program ini tetap berpihak kepada ekonomi lemah dan sebagaian dananya digunakan untuk administrasi FPDP2 dan menggaji guru-gurunya karena guru-guru tersebut harus mandiri juga.

FPDP2 ternyata digunakan rekan pemuda dan mahasiswa yang belum memiliki media untuk mengaplikasikan potensi yang dimiliki sehingga bisa langsung dipetik manfaatnya, seperti menjadi instruktur dan pengelola. FPDP2 di Kota Kediri ini ternyata telah diikuti oleh daerah lain seperti FP3S(Surabaya), SEC dan El Fata(Gresik), SEC(Bojonegoro), FGMTP2(Tulungagung) dan FP4(Blitar).

Jerih Payah Sri Wulandari ini ternyata diketahui oleh Pemerintah Kota Kediri dengan menjadikannya sebagai wakil Pemuda Pelopor di bidang Pendidikan pada tingkat Jawa timur dan mendapatkan Juara I tingkat Propinsi Jawa Timur dan Berhak mewakili Jawa Timur di tingkat Nasional.

Selasa Malam (12/09) sekitar pukul 21.00 WIB, Tim Penilai dari Kementerian Pemuda dan Olahraga datang ke Kediri dan diterima di Balai Kota oleh Asisten Pembangunan Muhaimin. Setelah itu menuju ke Dandangan tepatnya di sebuah rumah sederhana sekali di pinggir jalan menuju pabrik Gudang Garam yang dindingnya terbuat dari gedek dengan genteng terlihat dan lantai masih berupa tanah liat. Kunjungan ke sana ini dalam rangkaian penilaian Pemuda Pelopor Tingkat Nasional. Wulan yang didampingi Ibu, teman, Perangkat Kelurahan Dandangan, Camat Kota dan beberapa orang dari Bagian Kesra, di serbu berbagai pertanyaan oleh tim penilai tentang kesungguhan Wulan dalam kepeloporannya tetapi ternyata Wulan sangat lancar menjawab pertanyaan tersebut. Dan hal ini didukung keterangan dari masyarakat sekitarnya. Setelah itu Tim Penilai mengunjungi sekretariat FPDP2 di Belakang gedung GNI dan sanggar belajar Bahasa Inggris di Kelurahan Singonegaran dan rangkaian acara peniliaian ini selesai sekitar jam 23.30 WIB.(ad)

Comments on: "Sri Wulandari Si Pemuda Pelopor" (11)

  1. Yth.Sri wulwndari,

    Anda sangat luar biasa ya punya kepribadian unggul dengan mendirikan sekola untuk anak2
    putus sekolah !,
    Selamat semoga sukses selau

    Heru edisantoso

  2. good….

  3. aasalamu’alaikum mbak………

    waduh namanya dah tampil di net ni….
    ya tapi emang sdah sewajarnya bgtu,,,

    selamat berkarya di dunia pendidikan,
    saya yakin smua yg mbak Dkk lakukan
    untuk bangsa ini…….
    sangatlah berguna dan berpengaruh bsar
    untuk NKRI….

    PEMUDA UNTUK BANGSA!!!!!1

  4. mohammaad muhlashin[ashin] elfata gresik said:

    that’s the real young girl for past time,but now she’s got meried….ashin

  5. mohammaad muhlashin[ashin] elfata gresik said:

    mas falani aq boleh minta nomor hp mas falani ga? aq ddulu sering bikin program di gresik sama pak gatot…..bahkan di acara nikahnya aq ikut bersih2 malm hari di rumahnya, gimana kabarnya mereka?
    oz say my salution to the new couple
    [mbak wulan n mas sam]
    selamat berjoank buat mas lukman…dulu qta pernah main basket bareng di samping GNI….luk kapan2 q ingin ke sana bawa mobil sendiri,kalo ga bisa ya pake motor satria f,…..welcome to the big family of k-link internasional…..tanggal 23 november itu di HOTEL PENATARAN KEDIRI JAM 13.58 WIB…..Orang2nya ramah2….pasti mas falani di hormati banget di sana….neh nmr q.[03172559227]pake kode flexynya 0101703172559227, biar lebih murah.

  6. mohammaad muhlashin[ashin] elfata gresik said:

    mas falani jangan sampe telat ya………..
    q juga mhon maaf krim kabarnya telat…coz bru ja taw kalo dah ada blac angel di dunia maya…
    tahnks so much….kapan muw maen ke gresik?kalo ke gresik jangan lupa ajak lukman juga…
    cari mas ashin di elfata bungah gresik….at bareng mas fatih aja.

  7. syam arom nashihin said:

    asw. wah dapat prestasi lagi nih! selamat semoga tambah sukses.

  8. Sri Wulandari…
    Anda wanita yang hebat,anda menjadi inspirasi saya untuk terus berjuang dalam lingkungan.. tetap semangat ^_^..

  9. Mbk Sri, aku jg akan menyusul di bidang pendidikan jg. tlng bimbing aku ya please. Alamat facebook : Arjuna.longet@Gmail.com

  10. ass…… knlin i’m chamim from gresik. sebenarnya aq pngen bgt bisa gabung dlm english community, tp aq gk tau hrs gabung dengansiapa. boleh gk aq ikut gabung. bls yow…….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: