OFFROAD KETIKA MUSIM HUJAN


Musim hujan telah tiba,selain membuat suasana jadi lebih adem,juga membuat tanah pegunungan yg biasa kita libas menjadi agak beda. Dengan diguyur hujan selama semalam suntuk tentu membuat kontur tanah menjadi licin dan lembek. Berdasarkan pengalaman saya dan beberapa teman yang senang main XC maupun AM. Beberapa hal yang perlu kita persiapkan antara lain:

  1. Jangan terlalu banyak menyemprotkan chain lube maupun minyak pelumas lain seperti singer ke rantai. Karena semakin basah kondisi rantai maka akan semakin mudah pula kotoran,lumpur.dan tanah menempel kerantai kita. Ini dapat menjadikan kotoran terbawa masuk ke FD sehingga besar kemungkinan FD sulit untuk dipindahkan.
  2. Bila mempunyai cukup dana tidak ada salahnya kita untuk membeli fender alias slebor. Karena dengan kontur tanah yg lembek membuat krikil dan tanah terbang ke muka kita. Kata teman saya”Wong gawe fender ae lemah jik mencelat nang rai ngene,opo maneh ora” (Pakai fender saja tanah masih kena muka apalagi ndak pakai)
  3. Usahakan tidak menggunakan kaos maupun jerssey berwarna cerah seperti putih,kuning,ijo muda,dll.
    Kalo ini opsional saja,alias tergantung selera.
  4. Kalau bisa usahakan untuk berhenti sejenak dan memriksa kondisi sepeda. Dan bersihkan tanah – tanah atau lumpur yang menempel di sepeda karena besar kemungkinan itu dapat mengganggu mekanisme dari sepeda kita
  5. Selalu bawa toolkit untuk keadaan yg tak terduga serta ban dalam cadangan.

Correct Me If I Am Wronng

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: